PENGERTIAN MALARIA, GEJALA, PENYEBAB DAN CARA PENAGGULANGANNYA


PENGERTIAN MALARIA,GEJALA, PENYEBAB DAN CARA PENANGGULANGANNYA


 Sumber: https://3c1703fe8d.site.internapcdn.net/newman/gfx/news/hires/2014/malaria.jpg

1. Pengertian Malaria
Malaria adalah suatu penyakit yang desebabkan oleh parasit, parasit yang menyebabkan malaria adalah parasit yang berasal dari nyamuk Anopheles betina.  Penyakit ini dapat menular dengan hanya satu gigitan nyamuk saja, yaitu gigitan dari nyamuk Anopheles yang sudah terinfeksi oleh  parasit Plasmodium. Setelah  Nyamuk Anopheles yang sudah terinfeksi oleh parasit plasmodium  menggigit manusia maka parasit yang ada pada nyamuk akan berpindah ketubuh manusia yang digigit, parasit seterusnya masuk ke dalam aliran darah dan akan bergerak ke organ hati, pada organ hati akan terjadi perkembangan dan akan terjadi infeksi.
Malaria tidak hanya ditularkan dari gigitan nyamuk saja, namun juga biasa ditularkan melalui proses transfusi darah, penularan langsung dengan bersentuhan langsung dengan darah yang terinfeksi parasit plasmodium dan dapat ditularkan juga pada janin  dari ibu hamil yang menderita penyakit malaria dll.
Ada empat jenis parasit malaria pada manusia yang diketahui, yaitu:
Plasmodium falciparum.
Plasmodium vivax.
Plasmodium malariae, dan
Plasmodium ovale.
Namun  dari semua jenis ini di Indonesia hanya ditemukan dua jenis parasit malaria saja, yaitu: plasmodium falciparum dan Palasmodium vivax. Namun jangan di anggap remeh penyakit malaria ini, jika tidak ditangani dengan cepat maka bias berdampak serius hingga menyebabkan kematian, apalagi jenis Plasmodium falciparum  jenis ini adalah jenis yang paling bebahaya dari jenis lainnya, namun tidak menutup kemungkinan bahwa jenis parasit plasmodium lainnya tidak berbahaya.

2. Gejala yang dapat Dialami saat Terinfeksi Parasit Plasmodium (Parasit Penyebab Malaria)
Ada beberapa gejala yang akan timbul saat seseorang terinfeksi parasit Plasmodium, gejala yang mubgkin  timbul  Menurut  Lika Aprilia Samiadi dalam artikelnya berupa :
Menggigil sedang sampai berat
Demam tinggi
Banyak berkeringat
Sakit kepala
Muntah, mual
Diare
Anemia
Nyeri otot
Kejang-kejang
Koma dan,
Buang air besar berdarah
Gejala-gejala diatas mungkin dapat dialami  oleh seseorang jika sudah terinfeksi Parasit Plasmodium, jika sudah mengalami atau merasakan gejala seperti yang diatas maka sebaiknya segera untuk melakukan pemeriksaan laboratorium  untuk menetahui dan memastikan apakah penyebab dari timbulnya gejala-gejala tersebut agar dapat lebih cepat untuk melakukan penanganan.
3.  Penyebab Terjadinya atau Terserangnya Penyakit Malaria
Penyakit malaria ini dapat terjadi karena adanya infeksi dari parasit Plasmodium yang ditularkan melalui nyamuk anopheles yang sudah terinfeksi parasit tersebut, adapun penularannya secara lebih jelas menurut Marianti pada sebuah artikelnya penyebab terserangnya penyakit malaria adalah
“Malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium. Sebetulnya ada banyak jenis parasit Plasmodium, tapi hanya lima jenis yang menyebabkan malaria pada manusia. Parasit Plasmodium hanya disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina. Dua jenis parasit yang umum di Indonesia adalah Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax.
Gigitan nyamuk malaria lebih sering terjadi pada malam hari. Setelah terjadinya gigitan, parasit akan masuk ke dalam aliran darah.
Penyebaran penyakit malaria juga bisa terjadi melalui transfusi darah atau melalui pemakaian jarum suntik secara bergantian. Meski kasus ini jarang sekali terjadi, Anda tetap harus berhati-hati.”
4. Cara Penanganan Apabila Sudah Terserang Penyakit Malaria
Apabila sudah teraserang atau terinfeksi oleh parasit malaria ini maka harus segera di tangani dengan serius karena jika tidak segera di tanganoi maka bias berdambak lebih parah kepada si penderita.
Adapun cara penanganan yang baik untuk seseorang yang sudah terserang penyakit ini adalah sebagai berikut menurut Karinta Ariani Setiaputri dalam artikelnya
 ” Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa malaria bisa berkembang dalam waktu yang sangat cepat. Sebaiknya, jika Anda atau anggota keluarga mengalami tanda-tanda penyakit seperti yang disebutkan di atas, segera cari bantuan perawatan medis secepat mungkin.
Terlebih jika gejala tersebut muncul pada bayi, anak kecil, dan ibu hamil sebab gejala malaria akan berkembang menjadi sangat parah pada ketiga kelompok tersebut.
Tak terkecuali bagi Anda yang tinggal di daerah dengan kasus malaria yang rendah, namun telah melakukan perjalanan dari daerah yang berisiko malaria.
Jika sepulang dari daerah tersebut Anda mengalami demam tinggi, meskipun melakukan pencegahan malaria serta rutin mengonsumsi obat antimalaria, Anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter.”
Demikian adalah penjelasan mengenai malaria dari pengertian, gejala, penyebab dan penanganan yang dapat dilakukan jika terinfeksi parasit Plasmodium, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membaca, serta berikan kerikik dan saran yang membagun untuk saya agar lebih baik dalam penulisan artikel-artikel saya berikutnya.
Daftar Pustaka:
Samiadi,Lika Aprilia. 2016.  Malaria.
Malaria. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/malaria/home/ovc-20167984. Access date July 24, 2016. Malaria. http://www.nhs.uk/conditions/malaria/Pages/Introduction.aspx. Access date July 24, 2016. Malaria. http://www.healthline.com/health/malaria#Overview1. Access date July 24, 2016.
Marianti,2018. "Ditemukan Jenis Malaria Baru", https://nasional.kompas.com/read/2011/04/23/03475077/ditemukan-jenis-malaria-baru.
Mawson, AR. 2013. The pathogenesis of malaria : a new perspective. Pathogens and Global Health 107(3) pp. 112-9
Setiaputri, Karinta Ariani. 2018.  Tanda dan Gejala Penyakit Malaria yang Tidak Boleh Anda Abaikan.
Malaria. https://www.healthline.com/health/malaria Diakses pada 9 April 2018.
What Is Malaria and What Are the Symptoms? https://www.webmd.com/a-to-z-guides/malaria-symptoms#1 Diakses pada 9 April 2018.
Malaria. https://www.medicinenet.com/malaria_facts/article.htm#malaria_facts Diakses pada 9 April 2018.
Malaria. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/malaria/symptoms-causes/syc-20351184 Diakses pada 9 April 2018.
Malaria. https://www.emedicinehealth.com/malaria/article_em.htm#what_is_malaria Diakses pada 9 April 2018.
Malaria: Symptoms, Treatment, and Prevention. https://www.medicalnewstoday.com/articles/150670.php Diakses pada 9 April 2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Makanan cepat saji (Junk Food)

Apa Saja Sih Bahaya Junk Food