JAGA KESEHATAN TUBUHMU DENGAN MEMUILAI HIDUP SEHAT DARI SEKARANG




JAGA KESEHATAN TUDUHMU DENGAN MEMULAI HIDUP SEHAT DARI SEKARANG           
           

                                       Sumber: http://tipssehatonline.web.id/wp-content/uploads/2014/09/gaya-hidup-sehat2.png         

              Tubuh yang sehat memang sangat di idamkan semua orang karena tubuh yang sehat dapat melancarkan segala aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Baik dapat menghindarkan kita dari berbagai masalah penyakit ,dan juga tidak akan membatasi kita dalam beraktivitas. Tubuh yang tidak sehat akan membuat aktivitas kita terganggu. Untuk lebih tau bagaimana cara menjaga tubuh agar selalu sehat dan bugar. Ayo terus baca artikel berikut ini.

            Tubuh yang sehat merupakan kebutuhkan oleh setiap orang karena, kesehatan adalah suatu hal yang secara mutlak dibutuhkan setiap orang untuk kelangsungan hidupnya. Sehat bukan hanya dibutuhkan saja  tapi juga harus ada usaha untuk medapatkan kesehatan itu sendiri baik dengan cara pola hidup yang benar, olahraga dan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Tubuh yang sehat dapat membuat kita terhindar dari berbagai penyakit dan memiliki anti body yang kuat sehingga tidak gampang terserang virus-virus yang ada disekitar lingkungan kita.

            Pola hidup sehat dapat kita mulai dengan memilih makanan yang benar, makanan sangat berpengaruh bagi pola hidup sehat, karena jika kita memilih makanan yang salah kita bias saja terserang berbagai penyakit. Seseorang yang memiliki penyakit pasti akan merasa kehidupannuya menjadi tidak enak, stress  dan frustasi memikirkan cara mengobati penyakit yang dideritanya, karna itulah kesehatan sangat penting.

            Pilihlah makanan yang akan kalian makan  jangan hanya memikirkan proses mendapatkanya dan keenakannya saja. Tetapi kita juga harus memperhatiakan dampak dan bahaya dari makanan yang kita pilih. Contohnya saja makanan cepat saji (Junk Food). Junk food ini memang bias kita dapatkan secara instan tetapi dibalik semua itu junk food  memiliki dampak dan bahaya bagi kesehatan tubuh kita. 
 Sumber:http://distime.co.id/blog/wp-content/uploads/2017/05/Makanan-Sehat-dan-Berkalori-Tinggi.jpg

       Seperti Menurut Nursyam Septiadi dalam sebuah artikelnya yang berjudul ” 12 Bahaya Junk food Bagi Kesehatan [Cara Mengatasi Ketagihan Junk Food]” ia menyatakan bahaya Junk Food bagi kesehatan,  seperti: 
1.      Penyakit diabetes

            Diabetes menjadi salah satu penyakit akibat mengkonsumsi junk food. Saat tubuh mendapatkan asupan gizi dari makanan yang sehat, maka tubuh mendapatkan pasokan glukosa yang berfungsi untuk menjaga sensitivitas insulin.
            Adapun jika tubuh hanya menerima kandungan dari junk food, maka malah memberikan efek buruk pada metabolisme tubuh, yang menurunkan kemampuan tubuh untuk dalam produksi dan pemanfaaatan insulin di dalam tubuh. Hal itu karena junk food tidak memiliki kandungan serat (hal ini sangat buruk), dan terlalu banyak mengkonsumsi junk food, maka tidak diragukan lagi membuat lonjakan kadar gula.

2. Resiko depresi

            Sering mengkonsumsi junk food, ternyata menyebabkan perubahan hormonal dengan intensitas tinggi, masalah ini sering mendera para remaja, yang rentan mengalami perubahan suasana hati dan perubahan perilaku.
            Mengkonsumsi junk food mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi penting. Apalagi kandungan di dalam makanan cepat saji seperti tinggi akan kandungan garam, daging olahan, nitrat, dan MSG. Semua kandungan tersebut sangat beresiko tinggi memicu timbulnya rasa sakit kepala.
            Pada sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Gizi Kesehatan Masyarakat, menjelaskan bahwa mengkonsumsi makanan yang dipanggang seperti donat, croissant, kue, pizza, hamburger, hot dog, memiliki keterkaitan pada tingginya resiko depresi pada seseorang.
            Orang yang sering mengkonsumsi junk food (setiap hari), terkena resiko depresi 51% lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan cepat saji / junk food.
            Junk food beresiko menyebabkan depresi pada remaja, demikian menurut Andrew F. Smith, penulis buku “Fast Food dan Junk Food: An Encyclopedia of What We Love to Eat”. Bahwa perubahan hormon pada masa pubertas remaja membuatnya lebih rentan terhadap suasana hati dan perubahan perilaku.

3. Obesitas

            Obesitas menjadi masalah yang sering dihadapi oleh orang yang sering mengkonsumsi junk food. Junk food memiliki kandungan lemak, garam, dan gula yang berlebihan, yang akibatnya tubuh kesulitan untuk mencernannya.
            Karena kandungan tersebut sulit untuk dicerna tubuh, mengakibatkan zat makanan tersebut mengendap di dalam tubuh. Hal inilah yang memicu timbulnya obesitas (kegemukan) pada seseorang.

            Pada bahan yang digunakan untuk junk food (juga termasuk bumbunya), biasanya mengandung kadar lemak jenuh yang sangat tinggi.

4. Masalah pada sistem pencernaan

            Para pecandu junk food beresiko tinggi mengalami gangguan pencernakan (seperti sindrom iritasi usus).
Pada makanan junk food, lebih banyak mengandung kalori dari pada nilai nutrisi baik bagi tubuh. Ketika mengkonsumsi junk food yang digoreng, kandungan minyaknya akan tersimpan dalam dinding lapisan perut, akibatnya meningkatkan produksi asam di dalam tubuh.

            Zat-zat yang ada di dalam junk beresiko tinggi akan mengiritasi lapisan lambung, yang mengakibatkan terjadinya gangguan pencernaan. Selain itu, miskinnya kandungan serat di dalam kandungan junk food, mengakibatkan terhambatnya kerja pencernaan, serta meningkatkan resiko sembelit dan wasir.

5. Menurunkan fungsi otak

            Pada penelitian yang dipublikasikan di jurnal Brain, Behavior, and Immunity, menjelaskan penelitiannya dengan objeknya adalah tikus.

            Bahwa satu minggu makan junk food sudah dapat memicu gangguan memori pada tikus. Sehinggam penelitian menyimpulkan bahwa lemak jahat (lemak trans) dari junk food cenderung akan menggantikan lemak sehat di otak.

            Yang akibatnya dapat mengganggu mekanisme dan kerja sinyal pada otak. Selain itu, studi ini menyimpulkan bahwa lemak dari junk food mengakibatkan menurunnya kemampuan untuk menyerap informasi dan peelajaran, termasuk akan sangat kesulitan dalam memperlajari keterampilan baru.

6. Peningkatan resiko penyakit jantung

            Junk food memiliki banyak kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam darah.

            Hal tersebut menyebabkan pembentukan plak, dan resiko penyakit jantung meningkat. Bahaya lainnya yaitu merusak lapisan-lapisan pembuluh darah yang memicu terjadinya peradangan kronis.

            Peradangan krosis mengakibatkan kolesterol jahat menempel pada dinding arteri, yang akan menghalangi aliran darah ke jantung. Alhasil membuat tubuh beresiko tinggi terkena serangan jantung.

            Lemak dari junk food juga dapat terakumulasi di dalam tubuh, dengan berlangsung  dalam jangka waktu lama, bisa memicu obesitas, yang akhirnya meningkatkan resiko terkena serangan jantung.
            Untuk mempertahankan cita rasa makanan cepat saji / junk food, menggunakan bumbu yang berbasis natrium atau sodium. Bahkan pada beberapa makanan mengandung hingga lebih dari 2.000 miligram sodium dalam satu porsinya, hal ini akan sangat berbahaya karena akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan pengerasan arteri.

7. Gangguan ginjal

            Makanan junk food seperti kentang goreng atau keripik memiliki cita rasa yang memanjakan lidah, akan tetapi kandungan garam halus di dalamnya membuat meningkatnya air liur dan sekresi enzim, yang efeknya membuat ketagihan junk food.

             Padanya, terdapat kandungan lemak jahat dan natrium yang tinggi (dari garam tersebut), yang mengakibatkan terganggunya keseimbangan sodium-potasium tubuh, yang memicu hipertensi. Bahaya yang paling besar adalah mengganggu kerja ginjal sebagai penyaring semua racun dari darah, sehingga terjadinya gangguan pada ginjal sangat berbahaya.

8. Merusak organ hati

            Mengkonsumsi junk food dapat merugikan kesehatan organ hati. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mereka yang lebih sering mengkonsumsi junk food, serta malas berolahraga mengalami perubahan enzim hati hanya dalam waktu empat minggu. Masalah seperti ini sama seperti yang dialami oleh mereka yang suka mengkonsumsi alkohol.

            Dari penjelasan yang didapat dari beberapa penelitian, junk food dapat merusak hati karena terjadinya pengendapan lemak trans di organ hati, yang mengakibatkan terjadinya disfungsi pada organ hati.

9. Peningkatan resiko kanker

            Kurangnya serat pada junk food sering dikaitkan oleh ahli kesehatan dengan peningkatan risiko kanker.
            Pada sebuah studi yang dipublikasikan di European Journal of Cancer Prevention, dijelaskan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kandungan gula dan lemak, berakibat meningkatnya resiko terkena kanker kolorektal.

            Studi lainnya dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, mendapatkan hasil penelitian bahwa pria yang mengkonsumsi makanan yang digoreng lebih dari dua kali dalam sebulan, sudah menunjukkan tanda-tanda peningkatan risiko kanker prostat.

10. Memberikan masalah pada kulit dan tulang

            Junk food tinggi akan kandungan karbohidrat dan gula, yang memberikan efek negatif, menyebabkan bakteri di mulut menghasilkan asam yang berpotensi merusak gigi dan menghancurkan enamel gigi, sehingga gigi menjadi rentan berlubang.

            Adapun kandungan natrium yang berlebihan pada junk food meningkatkan resiko tubuh terkena osteoporosis (tulang rapuh).
            Dr Niti Desai, ahli gizi di Mumbai Selatan dan di Cumballa Hill Hospital mengatakan:
“Junk food mungkin murah, mudah tersedia, lebih cepat untuk memasak dan lezat, tetapi jenis makanan tersebut justru berdampak bahaya bagi kesehatan. Bukan hanya kekurangan nutrisi penting bagi tubuh, tetapi juga meningkatkan resiko pada beberapa penyakit berbahaya. Pilihan untuk kembali mengikuti pola hidup sehat mencakup pilihan makanan yang lebih alami dan lebih sehat.” 

            Dr Niti Desai menyarankan agar oramg-orang mengurangi asupan makanan olahan, agar nantinya dapat hidup lebih sehat.

11. Tekanan darah tinggi

            Kadar natrium (sodium) tinggi menjadi hal yang buruk pada junk food, yang memberikan resiko lebih tinggi, tubuh terkena tekanan darah tinggi, jantung, hati dan penyakit ginjal, demikian yang dijelaskan oleh pihak Harvard Health Publications.

12. Bahaya untuk kehamilan

            Untuk ibu hami patut untuk mewaspadaii dari bahaya makanan cepat saji ini. Berdasarkan sebuah penelitian di Australia, bayi yang lahir dari seorang ibu yang suka mengkonsumsi junk food, cenderung akan mengalami ketagihan mengkonsumsi berbagai macam makanan berlemak ketika ia sudah tumbuh dewasa.

            Junk food hanya cenderung memberikan seseorang perasaan kenyang ketika mengkonsumsinya, itu karena kalori tinggi yang masuk ke dalam tubuh, tetapi sangat rendah akan kandungan nutrisi dan vitamin, yang tentunya ini tidaklah baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Dimana ibu hamil sangat membutuhkan saupan nutrisi juga gizi yang cukup guna menunjang perkembangan janin secara baik dan optimal.
Apalagi mengkonsumsi junk food meningkatkan resiko berbagai macam gangguan selama proses persalinan ibu hamil, atau kelahiran janin yang susah untuk keluar, serta kekurangannya cairan.


Dengan bahaya yang banyak ini apakah kalian masih saja memilih junk food sebagai jalan pintas untuk makan. Mulailah hidup sehat dari sekarang, kalau tidak sekarang kapan lagi? Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mari kita sayangi tubuh kita sendiri dengan pola makan yang baik, lingkungan yang sehat dan juga olahraga yang tertur.
Sumber:http://bimbingan.org/wp-content/uploads/2013/11/Menjaga-Kebersihan-Lingkungan-Rumah-dan-Sekolah.jpg


Menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga sangat penting karna lingkungan yang sehat dan bersih akan membawa dampak yang baik untuk kita yang berada di lingkungan tersebut, selain merasa bersih dan nyaman kita juga akan terhindar dari udara yang tidak sehat untuk tubuh. Jadi kebersihan lingkungan juga berperan sangat penting dalam menjalankan pola hidup yang sehat.
         

  Sumber:http://juragancipir.com/wp-content/uploads/2016/02/olahraga-lari.jpg

         Olahraga juga bukan hal yang sepele untuk di lewatkan karna pola makan yang baik dan lingkungan yang sehat saja tidak cukup untuk menjamin kita terhindar dari berbagai penyakit, semua itu harus di imbangi dengan olahraga yang teratur dan rajin. Agar hasilnya lebih maksimal.

Mari kita mulai jalankan pola hidup sehat dari sekarang, mulailah dari kalian yang membaca artikel ini  dan rasakan dampak positif yang akan kaian rasakan. Mulailah dengan cara yang sudah di jelaskan diatas tadi. Agar kita dapat  terhindar dari berbagai penyakit-penyakit  yang juga sudah dijelaskan di atas tadi. Hidup sehat itu kebutuhan bukan keinginan!. Hidup sehat itu dijalankan bukan hanya sekedar diangankan!.



Daftar pustaka
1). Septiadi, Nursyam. 2014. 12 Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan [Cara Mengatasi 
Ketagihan Junk Food] http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2014/04/bahaya-
mengkonsomsi-makanan-junk-food.html
2).http://tipssehatonline.web.id/wp-content/uploads/2014/09/gaya-hidup-sehat2.png  
3).http://distime.co.id/blog/wp-content/uploads/2017/05/Makanan-Sehat-dan-Berkalori-
Tinggi.jpg
4).http://bimbingan.org/wp-content/uploads/2013/11/Menjaga-Kebersihan-Lingkungan-
Rumah-dan-Sekolah.jpg 
5).http://juragancipir.com/wp-content/uploads/2016/02/olahraga-lari.jpg






Komentar

  1. Latarnya lebih dipercantik lagi, tapi sdh bagus kok terimakasih juga infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sarannya 😊 di postingan berikutnya akan saya perbaiki..

      Hapus
  2. Latarnya lebih dipercantik lagi, tapi sdh bagus kok terimakasih juga infonya

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya ya,ditunggu postingan berikutnya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama 😊 terimakasih sudah berkunjung ke blog saya..

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Saya merasa puas dengan artikel ini. Terimakasih sudah memberikan motivasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, semoga bermanfaat..
      Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya😊

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Makanan cepat saji (Junk Food)

Apa Saja Sih Bahaya Junk Food