Apa Saja Sih Bahaya Junk Food


APA SAJA SIH BAHAYA JUNK FOOD

Perlu kalian ketahui bahwa JUNK FOOD mengandung banyak sekali senyawa kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan, jadi kita perlu atau wajib  mengetahuinya guna menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup kita. Ayo kita mulai dengan  menyimak artikel berikut ini.


            Junk Food atau yang  dikenal sebagai Makanan Sampah, tidak banyak diketahui oleh masyarakat bahaya yang terkandung didalamnya. “Junk Food” biasanya sering dimakan oleh kalangan Mahasiswa tapi juga tidak menutup kemungkinan dimakan oleh Ibu-ibu rumah tangga. Alasan mereka ingin memilih Junk Food ini adalah karena tidak ingin ribet dalam menyiapkan makanan, apalagi bagi mahasiswa yang memiliki jadwal kuliah yang sangat padat, ditambah dengan tugas yang menumpuk, kadang-kadang  mereka tidak mempunyai waktu yang banyak untuk memasak. Jadi mereka banyak memilih untuk memakan makanan yang instan dan cepat, biasanya mereka membeli masakan yang sudah masak di luar atau yang lebih parahnya lagi mereka sering memakan mi instan, tanpa memikirkan apa bahaya atau danpak yang akan terjadi kedepannya. Dan sangat disayangkan kerena tidak hanya mahasiswa dari jurusan- jurusan non kesehatan, anak-anak mahasiswa dari jurusan kesehatan yang mengetahui bahaya bagi kesehatannya. Ibu –ibu rumah tangga biasanya juga sering memakan Junk Food karena kebanyakan karena faktor tidak punya waktu yang banyak untuk berada di rumah dan menyiapkan segala masakan untuk makan jadi banyak ibu-ibu yang memilih untuk membeli masakan yang sudah masak di luaran tanpa mengetahui kandungan gizi dan vitamin dan cara pembuatannya, tapi ada juga ibu- ibu rumah tangga yang membeli masakan diluar di karenakan faktor males memasak.

Junk Food memang menjadi pelarian dari setiap kalangan di saat males atau sedang tidak mood untuk memasak, namun mereka tidak memikirkan bahanya yang akan datang kepada kesehatan mereka, apalagi untuk ibu-ibu rumah tangga saja yang tidak memiliki aktivitas padat (bukan wanita karir) atau malah tidak ada kerjaan, dan malas untuk memasak sangat disayangkan sekali. Para ibu-ibu ini tidak memikirkan tentang kesehatan anaknya, Junk food dapat mengganggu sistem pertumbuhan anak-anak. Bagaimana kita akan merubah keadaan Negri kita ini kalau anak-anak yang akan di jadikan generasi penerus tidak sehat?.

 Saya harap para ibu-ibu atau yang lainnya yang membaca artikel ini semoga dapat berpikir ulang tentang bahaya memakan Junk Food, kendalikan rasa malas kalian untuk hidup sehat. Males itu sifat yang sangat buruk karna selain dapat melalaikan banyak hal, malas juga berdampak kepada beberapa faktor salah satunya faktor  kesehatan. Orang yang ,malas pasti jarang bergerak dan mengakibatkan tubuhnya kaku dan dapat memicu berbagai masalah.

            Menurut Anthonie Eka dalam sebuah artikel dalam blognya ida juga menyatakan tentang masalah  Bahaya Junk Food untuk kesehatan - Mungkin kita sering mendengar istilah Junk Food, tapi banyak dari kita belum mengerti apa sih makanan Junk Food itu?
Junk food adalah termasuk makanan yang tidak sehat karena memiliki jumlah lemak yang tinggi dan memiliki kandungan sedikit nutrisi, biasanya Junk Food itu identik dengan makanan cepat saji seperti kentang goreng (french fries) atau hamburger.

Meskipun kentang cukup bagus untuk kesehatan karena mengandung protein, karbohidrat dll, namun karena melalui proses menggoreng maka kentang goreng menjadi tidak baik lagi dan tidak sehat jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, kandungan lemak dalam kentang goreng adalah lemak jenuh atau saturated fat yang tidak baik bagi kesehatan, selain itu dalam makanan Junk Food juga mengandung banyak kandungan garam. Di restorant cepat saji biasanya jenis minuman yang disajikan adalah minuman soft drink seperti cola, jika terlalu sering dikonsumsi akan menjadi tidak sehat bagi kesehatan tubuh.



Perlu diketahui Junk Food hampir 98% tidak mengandung gizi dan vitamin yang baik, malah Junk Food mengandung senyawa kimia yang berbahaya , dan bakteri yang di sebabkan froses pembuatan yang tidak heginis, senyawa kimia pengawet yang terkandung berakibat fatal bagi kesehatan selain tidak sehat dapat juga mengganggu sistem pertumbuhan pada anak  dapat membuat anak-anak menjadi bodoh. Sangat di sayangkan sekali jika banyak rakyat Indonesia yang memakan Junk Food bukannya menghasilkan generasi yang sehat dan baik, malah menciptakan generasi yang bodoh-bodoh di karenakan pola makan yang tidak sehat.



            Berikut adalah contoh-contoh Junk Food yang sering kita temui sehari-hari:
Image result for junk foodImage result for junk food


            Anthonie Eka juga mengkatagorikan 10 golongan yang termasuk ke dalam makanan junk food yaitu:

  1. Makanan kalengan, makanan yang dikemas dalam kaleng biasanya seperti buah-buahan atau daging, makanan kaleng menjadi tidak sehat karena setiap makanan kaleng biasanya mengandung bahan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan, bukan hanya itu kandungan gizi dan nutrisi menjadi berkurang.
  2. Makanan gorengan, biasanya makanan gorengan mengandung kalori dan lemak atau minyak yang tinggi, sehingga dapat mengakibatkan kegemukan dan sakit jantung koroner, serta dalam proses /meggoreng terjadi zat karsiogenik yang memicu terjadinya penyakit kanker.
  3. Makanan daging yang diproses, sosis, ham dll merupakan makanan daging yang telah diproses, mengandung bahan pewarna dan pengawet yang dapat mengganggu lever atau hati,dalam ham terkandung kadar natrium yang tinggi berakibat gangguan tekanan darah dan ginjal,selain itu juga dapat memicu penyakit kanker dikarenakan makanan tersebut mengandung kandungan garam nitrit.
  4. Mie Instant, mie instant mengandung bahan pengawet yang tidah baik bagi kesehatan, kadar garam di dalam mie instant dapat menyebabkan beratnya beban ginjal, meningkatkan tekanan darah serta mie instan juga mengandung trans lipid yang mengakibatkan gangguan di pembuluh darah jantung.
  5. Makanan yang dibakar atau dipanggang, makanan yang dipanggang atau dibakar dapat mengakibatkan makanan menjadi gosong dan zat yang terjadi dapat memicu terjadinya penyakit kanker.
  6. Keju Olahan, terlalu sering mengkonsumsi keju olahan mengakibatkan meningkatnya berat badan dan meningkatnya gula darah.
  7. Makanan asinan, proses pengasinan makanan membuat kadar garam di dalam makanan menjadi tinggi sehingga memberatkan proses kerja ginjal dan beresiko terkena hipertensi serta berpengaruh terhadap lambung dan usus menjadi iritasi dan meradang.
  8. Makanan manisan kering, makanan ini mengandung garam nitrat dan bila dalam tubuh bergabung menghasilkan zat karsiogenik dan juga mengandung esen segai tambahan sehingga dapat merusak fungsi hati, serta kadar garam yang tinggi beresiko terkena tekanan darah tinggi dan juga memberatkan proses kerja ginjal.
  9. Makanan manis beku, ice cream, cake beku dll termasuk di dalam golongan ini, makanan ini mengandung mentega tinggi sehingga bisa mengakibatkan obesitas dan kadar gula yang tinggi dapat mengakibatkan berkurangnya nafsu makan.
  10. Makanan dengan daging berlemak dan jerohan, makanan ini mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner, kanker usus besar, kanker payudara.

Rubahlah pola hidup kalian dari sekarang, karena kalian sudah mengetahui semua bahaya yang terkandung dalam Junk Food. Mulailah dari kalian yang sudah membaca artikel ini,  karena kalau tidak sekarang kapan lagi? Kalau tidak kita siapa lagi?. Jadi mulailah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ajaklah orang-orang di sekitar kalian untuk ikut hidup sehat dan jauh dari Junk Food. Jika seluruh masyarakat Indonesia menerapkan pola hidup sehat, maka akan Muncul generasi-generasi yang sehat pula sehingga akan mudah untuk mewujudkan penerus bangsa yang cerdas, yang dapat berguna bagi bangsa dan negara ini. Manfaat lainnya kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh pola hidup yang tidak sehat tadi.



Daftar Pustaka:



  1. Eka Anthonie, 2013. Bahaya Junk Food Untuk Kesehatan. sehatalami99.blogspot.com.
  2. Bjj-usa.com, 2016. Junk Food.JPG. bing.com/images/search?q=junk+food.
  3. Pinterest.com. Food and Cooking. pinterest.com/pin/411164640954845376.
  4. Medimanage.com. Junk Food.JPG. bing.com/images/search?view=detailV2.

Komentar

  1. Terimakasih infonya
    Sangat bermanfaat๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok.. ๐Ÿ˜Š terimaksih kembali, karena sudah mau berkunjung ke blog saya..

      Hapus
  2. Saya tunggu post berikutnya, tapi kok kek kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terimakasih ๐Ÿ˜Š
      Memang kita saling kenal๐Ÿ˜‚ kamu metaaaaa26.blogspot.co.id kan? Artikelmu juga sangat bagus dan bermanfaat..

      Hapus
  3. Saya tunggu post berikutnya, tapi kok kek kenal

    BalasHapus
  4. Terimakasih informasi sangat bermanfaat ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terimakasih juga sudah mau berkunjung ke blog saya๐Ÿ˜Š

      Hapus
  5. Balasan
    1. Terimakasih, sudah berkunjung ke blog saya๐Ÿ˜Š

      Hapus
  6. Terima kasih infonya bermanfaat sekali๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya.. ๐Ÿ˜Š
      Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog saya...

      Hapus
  7. Artikel ini sangatlah bagus dan bisa memberikan inspirasi buat saya.
    Terimakasih ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya..
      Terimalasih sudah berkunjung ke blog saya ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  8. Terima kasih artikelnya menarik dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama๐Ÿ˜Š
      Terimakasih Sudah mau berkunjung ke blog saya

      Hapus
  9. Ditunggu post berikutnya ya๐Ÿ˜Š

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Makanan cepat saji (Junk Food)